3 Resep MPASI 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak Anak

3-Resep-MPASI-7-Bulan-untuk-Kecerdasan-Otak-Anak

Jika Anda memiliki anak dengan usia 7 bulan berarti saatnya memberikan makanan pendamping yang kini dikenal dengan MPASI. MPASI 7 bulan merupakan makanan bergizi yang diolah menjadi halus atau bisa juga diolah menjadi bubur. Di dalam bubur tersebut harus ada kandungan protein. Alasan kenapa harus dibuat bubur, karena agar mudah dicerna oleh si kecil. 

Resep MPASI 7 Bulan 

Bayi yang sudah berusia 7 bulan sudah layak diberikan makanan padat seperti bubur buah, bubur beras, dan beberapa jenis makanan hewani lainnya. Tekstur makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi dengan usia 7 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bayi yang berusia 6 bulan. 

Pada usia tersebut bayi mASIh pada tahap pengenalan makanan selain ASI. Oleh karenanya, Anda para ibu bisa membuatkan makanan pendamping ASI seperti buah tanpa campuran apapun, sayur, dan olahan ikan atau ayam. 

Pemilihan menu MPASI 7 bulan untuk si kecil juga harus tepat dan tentunya disukai. Selain itu, Anda juga harus membuat berbagai makanan yang memiliki variASI agar si kecil tidak cepat merasa bosan. Karena makanan-makanan baru ini akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil termasuk kecerdasan otaknya. Anda tidak perlu bingung mencari ide makanan apa yang harus diberikan untuk si kecil, karena bisa mengintip beberapa resep yang cocok untuk si kecil di bawah ini : 

1. Resep MPASI NASI Tim Sayuran 

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya: beras secukupnya, 1 buah wortel, ¼ labu butternut, 1 buah tomat, 1 buah jagung manis, 5 kuntum brokoli, 1 batang daun seledri. 

Cara membuatnya : 

  • Rendam terlebih dahulu beras selama 20 menit, barulah Anda masak dengan air mendidih. 
  • Parut tomat, wortel, labu, dan brokoli. Cincang daun seledri hingga halus dan pipil jagung. Kemudian semuanya disatukan dalam blender. Meskipun sudah sudah diparut tetap gunakan blender agar lebih halus lagi. 
  • Masukan bahan-bahan tadi yang sudah diblender ke dalam beras yang sedang dimasak. 
  • Setelah matang lakukan penyaringan. Untuk penyedap rasa, Anda bisa menambahkan sedikit garam. 

2. Resep MPASI Bubur Salmon 

Gunakan bahan-bahan berikut: 2 sdm beras, ½ tomat yang sudah dicincang kecil-kecil, 2 sdm jagung yang sudah dipipil, ikan salmon, daun salam, seledri, wortel, buncis, evoo (extra virgin olive oil). 

Cara membuat : 

  • Cuci beras hingga bersih lalu tambahkan air secukupnya hingga menjadi bubur. Masukkan beras ke dalam slow cooker dengan tambahan daun salam. 
  • Setelah bubur sudah setengah matang, masukkan bahan-bahan lainnya yang sudah dihaluskan. Lalu aduk hingga semua bahan merata. 
  • Tutup kembali slow cooker, tunggu hingga matang dan tambahkan sedikit evoo. 

3. Resep MPASI Bubur Wortel Keju 

Bahan-bahan untuk membuat makanan yang satu ini tidak terlalu banyak. Sehingga memudahkan Anda bagi yang kurang terampil dalam memasak. Bahan-bahan tersebut diantaranya beras yang sudah direndam semalaman, wortel yang sudah direbus dan diparut secukupnya, dan sedikit keju. 

Cara membuat: 

  • Masukkan beras dan wortel ke dalam panci yang berisi air satu gelas. 
  • Setelah air menyusut, tambahkan keju parut dan tambahkan kembali air setengah gelas. 
  • Tunggu beberapa saat hingga matang dan makanan pun siap untuk disajikan. 

Itulah beberapa resep MPASI 7 bulan yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Upayakan bahan-bahan di atas dalam keadaan higienis. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tingkat kehalusan makanan agar bisa dengan mudah dicerna oleh usus dan lambung si kecil. 

Resep-resep di atas pastinya sudah dipertimbangkan dengan baik agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak dan kandungan gizi yang ada didalamnya pun bisa berpengaruh untuk kecerdasan otak anak Anda. Selamat mencoba! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Resep MPASI 7 Bulan untuk Kecerdasan Otak Anak"

Posting Komentar