Apakah panas dari microwave dapat membunuh bakteri pada makanan?


Gelombang mikro pada microwave menghasilkan panas, dan pada dasarnya, panas bisa membunuh bakteri. Memanaskan makanan dalam microwave memang bakal membunuh sejumlah jenis bakteri, namun tidak semuanya.

Ini diakibatkan karena microwave melulu memanaskan makanan dari luar ke dalam dan bukan sebaliknya. Gelombang mikro dapat saja tidak menjangkau bagian tengah makanan sampai-sampai menyisakan ‘cold spot’ yang menjadi lingkungan ideal bakteri guna berkembang. Perlu dikenang bahwa masing-masing jenis makanan memiliki format dan ketebalan yang berbeda. Karena itu, masa-masa memanaskan untuk masing-masing jenis makanan tidak dapat begitu saja disamaratakan.

Dikutip dari laman The New York Times, sejumlah permasalahan keracunan makanan pernah terjadi dampak makanan yang dihidangkan melulu dipanaskan dalam microwave sekitar lima menit sebelum disajikan. Sebuah riset yang dimuat dalam laman tersebut pun menunjukkan bahwa orang yang memanaskan makanan memakai microwave lebih rentan merasakan keracunan makanan dikomparasikan mereka yang memakai oven biasa atau panggangan. Kondisi ini terjadi sebab panas dari microwave tidak menjangkau bagian dalam makanan sampai-sampai tidak bisa membunuh bakteri pada makanan.

Tips aman memakai microwave supaya terhindar dari keracunan makanan

Kunci dari memanaskan makanan dengan microwave secara aman ialah meyakinkan panasnya merata ke semua bagian makanan. Bagi itu, Anda butuh mencermati sejumlah hal seperti:

  • membaca dan mengekor saran memasak yang ada pada kemasan makanan
  • mengetahui daya listrik microwave Anda, karena memanaskan makanan dengan microwave berdaya kecil memerlukan waktu lebih lama
  • mengaduk atau membalik makanan sampai panasnya merata
  • menggunakan termometer makanan untuk mengecek suhu semua bagian makanan
  • meyakinkan suhu unsur dalam makanan menjangkau 60 derajat celcius atau lebih

Microwave memang bisa membunuh bakteri pada makanan, namun tidak memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi menjadi seratus persen aman. Pastikan Anda tidak jarang kali mengikuti tahapan yang tepat saat memakai microwave guna menghindari gangguan kesehatan yang tidak diharapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah panas dari microwave dapat membunuh bakteri pada makanan?"

Posting Komentar