Jangan Ditunda! Inilah Tanda Anda Harus Segera Melakukan Spooring Pada Mobil

Jangan-Ditunda-Inilah-Tanda-Anda-Harus-Segera-Melakukan-Spooring-Pada-Mobil

Spooring mobil atau balancing mobil memang tidak terdengar asing bagi pecinta otomotif. Spooring mobil adalah proses pada mobil yang meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil sesuai dengan settingan awal atau settingan pabrik. Sedangkan balancing adalah upaya penambahan timah pada bagian mobil yang kurang untuk menjaga keseimbangan pada atas bawah, kiri kanan roda. 

Kedua proses itu tidak bisa ditinggalkan oleh para pengguna mobil. Karena melakukan spooring dan balancing mobil adalah salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan. Dalam satu waktu bisa melakukan servis spooring saja, tetapi alangkah lebih baiknya balancing mobil pun dilakukan. 

Terkadang, pengguna mobil masih bingung terhadap apa saja gejala yang menunjukan mobil perlu spooring atau tidak. Bahkan, ada saja pengguna mobil yang masih menunda-nunda untuk spooring dan balancing. Padahal, dengan rutinnya kita melakukan servis, itu berarti akan nyaman dan aman kita berkendara. 

Tanda Mobil Harus di Spooring 

Berikut ini adalah tanda-tanda mobil yang harus di spooring dan balancing secepatnya! 

1. Jalan mobil miring 

Tanda utama yang bisa kamu rasakan adalah mobil yang seharusnya berjalan lurus, tetapi malah berjalan miring. Hal itu memperlihatkan bahwa mobilmu perlu di spooring. Karena ini ialah tanda yang paling parah. 

2. Kondisi ban dalam yang habis 

Tanda kedua yang harus kamu perhatikan dengan teliti ialah Ban bagian dalam. Karena ini akan sedikit mengecohmu. Jika terlihat dari luar akan tidak terlihat ausnya. Tetapi jika ban mobil dalam kondisi yang dibelokan, disitu akan terlihat ban dalam mobil kemakan habis. Itulah cara untuk kamu mengeceknya dan segera ke tempat servis kesayangan. 

3. Kemudi berbelok/miring 

Cara mengeceknya dengan pasti ialah dengan membawa mobil pada kecepatan rendah, contohnya adalah sekitar 40 sampai 50 kilometer per jam di jalanan yang kosong. Setelah itu lepaskan setir dari genggaman. Jika setirnya ke kiri dan ke kanan dan berjalan tidak lurus, itu berarti harus spooring dan juga balancing. 

4. Ban belakang tidak sejajar 

Yang harus perhatikan juga ialah kondisi ban belakang yang tidak sejajar dengan bagian belakang mobil. Mengeceknya cukup gampang, hanya dengan melihat dari arah belakang dengan mengambil jarak beberapa meter. Jika ban belakang terlihat tidak sejajar, sudah pasti itu memerlukan spooring mobil. 

5. Ban belakang bergeser dari tempat semula 

Amatilah ban mobil belakang, apabila adanya bergeser dan berbeda dari tempat semula, itu berarti Anda harus melakukan spooring. 

Menurut pakar otomotif, spooring dan balancing mobil dapat dilakukan secara rutin maksimal setelah menempuh 20.000 km. Tapi, jika mobil Anda sering melewati jalur yang rusak, maka sebaiknya lebih cepat. Yaitu dengan melakukan servis setelah menempuh 10.000 km. Atau bisa juga dihitung dalam setiap enam bulan sekali. Karena hal itu berpengaruh terhadap kondisi ban dan setir mobil. 

Jika Anda rutin melakukan spooring atau balancing, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat. Diantaranya ialah; meningkatkan kenyamanan dan kestabilan pengemudi dalam berkendara, menghemat pemakaian bahan bakar dan pemakaian ban, menghindari keausan ban yang tidak merata, posisi kemudi yang kembali lurus terutama setelah belok, menghilangkan suara ban yang berdecit ketika belok, menyamakan kelurusan roda kemudi, dan yang terakhir adalah menjaga understel mobil. 

Mengemudilah dengan aman dan nyaman. Rutinkanlah untuk spooring mobil serta balancing dengan mengunjungi tempat servis astra terdekat! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Ditunda! Inilah Tanda Anda Harus Segera Melakukan Spooring Pada Mobil"

Posting Komentar