Tips Bersepeda Bagi Lansia Pemula Agar Selalu Tetap Bugar


Melakukan kegiatan rutin bersepeda sedini mungkin pasti lebih baik dibanding dengan mengawalinya waktu berumur lanjut. Tetapi, bukan bermakna jika lanjut usia tidak mempunyai peluang untuk melakukan hidup sehat. Anda masih tetap dapat mendapatkan faedah bersepeda meskipun baru mengawalinya pada umur 50, 60, bahkan juga 70 tahun. 

Panduan pertama buat Anda yang mulai bersepeda pada umur 50 tahun ialah masih aktif berjalan. Makin seringkali Anda berjalan, makin lentur otot Anda. Otot yang lentur akan menghindari Anda dari resiko cedera atau keseleo. Anda dapat juga lakukan berolahraga mudah seperti yoga serta pilates untuk memaksimalkan faedahnya. 

Selain itu, lanjut usia yang mulai bersepeda pada umur 60 tahun butuh lebih waspada dalam menjalankan kegiatan rutin ini. Satu diantara panduan yang dianjurkan supaya pekerjaan bersepeda masih aman dengan melakukan modifikasi sepeda sesuai dengan keperluan Anda. Janganlah lupa untuk selalu memonitor desakan darah dengan teratur, terutamanya jika Anda tingkatkan intensitas bersepeda. 

Situasi badan lanjut usia berumur 60 tahun ke atas pasti berlainan dengan seorang berumur 40-50 tahun. Alih-alih melakukan latihan intensitas berat dalam periode panjang, Anda dapat mengawalinya dengan bersepeda mudah sejauh beberapa km.. 

Panduan bersepeda yang aman buat lanjut usia 

Sebelum mulai bersepeda, yakinkan jika Anda telah penuhi semua persiapan yang diperlukan. Buat persiapan badan Anda dengan melatih diri aktif berjalan, lengkapi perlengkapan yang diperlukan untuk bersepeda, serta kontrol diri Anda ke dokter jika ada situasi kesehatan sebagai pertimbangan. 

Sesudah siap, yakinkan pun jika Anda sudah mengaplikasikan panduan bersepeda yang aman seperti berikut: 

  • memakai helm, pelindung siku, serta pelindung lutut 
  • mengendalikan tempat jok sepeda senyaman mungkin untuk kurangi resiko ngilu punggung serta pinggang 
  • memakai sepeda baru atau sepeda dengan situasi yang baik 
  • memakai baju dengan warna yang gampang disaksikan oleh pejalan kaki 
  • menempatkan kaca spion kecil pada stang sepeda untuk tingkatkan kewaspadaan 
  • membawa air minum saat bersepeda 
  • bersepeda sesuai dengan jalannya serta patuhi rambu jalan raya waktu melewati jalan raya 
  • beristirahat waktu dibutuhkan serta tidak memaksakan diri 

Panduan yang lain yang tidak bisa ditinggalkan ialah tingkatkan kewaspadaan saat bersepeda. Jika memang perlu, Anda bisa ajak bagian keluarga atau rekan untuk lakukan pekerjaan ini bersama. Tidak hanya lebih aman, olahraga bersama dengan keluarga akan berasa lebih menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Bersepeda Bagi Lansia Pemula Agar Selalu Tetap Bugar"

Posting Komentar