Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Kuliahan di Antara Jadwal yang Padat


Melakukan perbaikan rutinitas makan yang awal mulanya tidak teratur memang tidak gampang, tetapi Anda dapat mengerjakannya dengan perlahan. Tersebut panduan yang bisa Anda coba. 

1. Masak makanan sendiri 

Tidak bisa disangkal jika memasak serta mempersiapkan bekal ialah pekerjaan yang habiskan banyaknya waktu. Tetapi, Anda bisa mengakali permasalahan ini dengan menyiapkan beberapa bahan yang akan dibuat pada saat senggang, contohnya sebelum tidur. Supaya waktu Anda lebih efektif, pakailah tehnik memasak yang simpel seperti menumis atau memanggang dengan wajan. 

2. Pilih cemilan yang sehat 

Ubahlah kopi yang manis dengan teh tawar, dan makanan yang digoreng dengan buah-buahan beku. Cemilan sehat tersendiri seperti granola serta oat mungkin cukuplah mahal buat kantong anak kuliahan, tetapi Anda dapat menggantinya dengan cemilan yang tidak kalah sehat seperti tempe, kacang-kacangan, serta salad bikinan sendiri. 

3. Berbelanja bahan makanan yang sehat 

Berbelanja harian atau mingguan dapat jadi kegiatan rutin yang tidak mungkin buat seseorang mahasiswa, jadi coba belanja tiap-tiap dua sampai empat minggu sekali supaya lebih praktis. Belilah beberapa bahan yang awet disimpan serta tidak susah di proses. Kadang-kadang, Anda dapat juga menaruh stock makanan beku atau makanan instant seandainya tidak terlalu berlebih. 

4. Minum banyak air 

Minum air yang cukuplah seringkali dilupakan oleh beberapa anak kuliahan, ditambah lagi bila tengah sibuk-sibuknya. Walau sebenarnya, badan memerlukan paling tidak 8 gelas /hari. Bila Anda kurang minum, tentunya akan merubah konsentrasi serta perform waktu kuliah. Oleh karenanya, agar tidak lupa, Anda bisa tetap membawa botol minum ke kelas. 

5. Batasi makan junk food 

Makanan cepat saji salah satu pilihan penting mahasiswa yang tidak sudah sempat memasak makanannya sendiri. Walau sebenarnya, umumnya makanan cepat saji ialah junk food yang miskin nutrisi. Bila Anda sangat terpaksa konsumsi makanan cepat saji, jadi lakukan dengan bijak, contohnya: 

  • batasi konsumsinya dalam satu minggu 
  • pilih ukuran makanan yang sangat kecil 
  • perbanyak bagian salad serta kurangi dressing-nya 
  • ganti soda dengan air putih 
  • pilih makanan yang dipanggang alih-alih digoreng 

Keperluan gizi mahasiswa mungkin sama dengan banyak orang. Namun, sulitnya akses serta kurangnya waktu untuk mendapatkan makanan sehat sering jadi masalah. Janganlah dibiarkan ini menghambat Anda dari gaya hidup sehat. Perlahan-lahan tetapi tentu, Anda akan dapat melakukan perbaikan rutinitas makan seandainya telaten dalam menjalaninya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Kuliahan di Antara Jadwal yang Padat"

Posting Komentar