Selain Mainan Squishy, Inilah Jenis Mainan yang Bisa Merangsang Otak Anak

Selain-Mainan-Squishy-Inilah-Jenis-Mainan-yang-Bisa-Merangsang-Otak-Anak

Bermain merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Melalui aktivitas bermain, anak bisa mengeksplorasi keadaan di sekitarnya dan mempelajari hal-hal baru, seperti bermain bola di lapangan, menangkap kupu-kupu di taman, bermain air, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, anak pun bisa mengembangkan kreatifitasnya tanpa batas. Selain melakukan aktivitas di luar, anak juga bisa memainkan berbagai jenis permainan seperti mainan squishy

Kini, banyak sekali berbagai jenis permainan yang diproduksi di pasaran, seperti boneka, mobil-mobilan, alat-alat masak, balok susun, buku bergambar, mainan squishy, dan masih banyak lagi. Tentu mainan-mainan tersebut harus disesuaikan dengan usia anak. Misalnya, anak perempuan umur 3-4 tahun diberi mainan masak-masakan atau boneka Barbie, sedangkan bayi umur 6-10 bulan diberikan mainan susunan balok atau mainan-mainan yang bisa mengeluarkan suara. 

Mainan yang Bisa Merangsang Otak Anak 

Menyesuaikan jenis-jenis mainan berdasarkan usia anak sangat penting bagi pertumbuhannya. Mainan dapat membantu anak untuk merangsang kemampuan berbahasanya, meningkatkan kemampuan berhitung, membantu anak lebih fokus dalam belajar, membantu mengembangkan kreativitas, menambah kepercayaan diri, mengajarkan rasa empati, dan lain sebagainya. 

Sebagai orang tua, Anda tentu harus selektif dalam memilih mainan untuk anak karena tidak semua mainan bisa membantu merangsang perkembangan otak anak. Oleh karena itu, pilihlah mainan-mainan yang bisa merangsang otak anak seperti mainan-mainan di bawah ini. 

1. Mainan masak-masakan 

Mainan masak-masakan ini tentu cocok bagi anak perempuan. Dengan bermain masaka-masakan, maka anak pun akan belajar bagaimana cara memasak yang suatu saat akan dilakukan di masa depan. Selain itu, permainan masak-masakan juga bisa melatih keterampilan anak, seperti memotong kue, menuangkan air ke dalam gelas, mengaduk adonan, dan lain sebagainya. 

2. Mainan bola 

Bermain bola juga mampu merangsang otak dan motorik anak, mengolah otot-otot paa tubuh, dan meningkatkan kemampuan refleks. Motorik kasar anak akan terlatih sehingga anak akan menjadi lebih gesit dan kuat juga bisa meningkatkan daya ingatnya. Ajaklah anak untuk selalu bermain di luar agar mereka bisa sehat secara mental dan fisik, dan bisa lebih mudah berbaur dengan alam. 

3. Mainan Squisy 

Mainan Squishy yang menggemaskan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk perkembangan otak anak. Squishy bisa meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan berbahasa, menyalurkan emosi negatif, memperkuat motoric halus, dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak. 

4. Mainan Brick and Blocks 

Mainan brick and blocks ini cukup efektif untuk menyeimbangkan otak dan tubuh pada anak. Permainan ini mengharuskan anak untuk menyusun beberapa brick dalam berbagai bentuk yang kemudian menjadi suatu bentuk bangunan yang bermacam-macam. Dengan begitu, kemampuan konsentrasi dan berpikir anak pun akan bertambah. 

5. Mainan musik 

Permainan ini juga banyak digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Dengan memainkan mainan musik, maka kecerdasan spasial dan kemampuan membacanya akan terangsang. Selain itu, dengan mendengarkan beberapa tangga nada yang berbeda, anak akan berusaha untuk berkonsentrasi sehingga kinerja otak dan IQ nya akan bertambah. Mainan musik yang bisa anak Anda mainkan diantaranya piano, gitar, kotak musik, dan lain sebagainya. 

6. Puzzle 

Mainan yang satu ini bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membuat kesimpulan, persepsi visual, dan berpikir logis. Tentu saja kemampuan tersebut akan sangat berguna bagi kehidupannya di masa mendatang. 

Itulah beberapa jenis mainan yang bisa erangsang otak anak. Bagi Anda yang berminat untuk membelikan hadiah mainan untuk si kecil, Anda bisa membeli mainan squishy yang bisa Anda dapatkan di marketplace dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selain Mainan Squishy, Inilah Jenis Mainan yang Bisa Merangsang Otak Anak"

Posting Komentar