Langkah Menangani Leher Tegang Serta Kaku Leher


Leher kaku adalah aduan umum yang seringkali didapati beberapa orang. Keadaan ini bisa ada sesudah sepanjang hari melakukan aktivitas atau saat bangun tidur. Mengakibatkan, rasa tegang serta kaku pada leher ini mengakibatkan Anda tidak bisa jalani kegiatan dengan bebas. Lalu, apa ada langkah untuk menangani leher kaku? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini. 

kaku berlangsung karena otot di seputar leher yang capek serta menegang. Keadaan ini mengakibatkan rasa ngilu hingga Anda susah untuk menggerakan kepala seperti umumnya. 

Biasanya, leher kaku gampang berlangsung saat Anda duduk kelamaan memandang monitor computer serta tempat tidur yang jelek. 

Andrew Bang, DC, seseorang chiropractor dari Center of Integrative Medicine di Cleveland Clinic, memberikan tambahan jika keadaan ini rawan berlangsung pada seorang dengan postur badan yang jelek. 

Untungnya, leher kaku yang mengganggu ini dapat ditangani dengan beberapa langkah, salah satunya: 

1. Kompres air dingin atau air hangat

Langkah menangani leher kaku yang termudah ialah memudahkan rasa sakitnya dengan kompres. Langkah berikut begitu pas dikerjakan di hari ke-2 atau ke-3 sesudah leher berasa kaku. 

Untuk kompres, Anda bisa memakai air dingin atau air hangat. Suhu dingin serta panas dari kompres nyatanya bisa merelaksasi otot yang tegang. Ini dapat merelaksasi otot leher yang kaku. 

Sediakan handuk kecil serta es batu di tengahnya. Setelah itu bungkus es serta letakan dibagian leher yang merasa ngilu. 

Sebaliknya, bila Anda memakai air hangat, rendam handuk pada baskom berisi air hangat. Lalu peras airnya serta tempatkan pada leher yang merasa sakit. 

Kompreslah sepanjang 20 menit, baik memakai air panas atau dingin. Tidak dianjurkan untuk mengompresnya lebih dari 20 menit atau sepanjang hari sebab dapat memunculkan permasalahan pada kulit. 

Anda pun menurunkan rasa kaku yang Anda alami dengan mandi atau berendam air hangat. 

2. Yakinkan Anda aktif bergerak

Badan yang kurang gerak dapat memberi desakan terlalu berlebih pada otot tersendiri. Termasuk juga pada otot di seputar leher. Berupaya masih aktif ialah langkah lain untuk menangani leher tegang. 

Bergerak aktif disimpulkan dengan lakukan pengenduran ditengah-tengah Anda kerja. Tetapi, Anda butuh waspada dalam lakukan ini. 

Jauhi pergerakan yang membentak (mendadak) serta memaksakan, yang dapat mengakibatkan rasa sakit makin bertambah kronis. 

Kerjakan pergerakan pengenduran seperti menggerakkan kepala ke atas serta bawah, melihat ke kiri serta kanan, dan menelengkan kepala ke kiri serta kanan. 

Juga bisa dengan lakukan memutar pundak maju serta mundur sekitar 1o kali. 

3. Jauhi tempat tidur tersendiri

Satu diantara pemicu leher kram ialah tempat tidur yang tidak pas. Untuk memudahkan tanda-tanda sekaligus juga menangani leher kram, langkah gampang yang dapat Anda kerjakan setelah itu melakukan perbaikan tempat tidur. 

Jauhi tidur dengan tempat tengkurap. Tempat ini mewajibkan kepala Anda untuk menghadap ke kiri atau kanan dalam tempo yang lama hingga dapat memunculkan kemelut pada otot. 

Jadi alternatifnya, Anda dapat tidur dengan tempat telentang atau tidur menyamping. 

Selama saat pengobatan, Sebaiknya anda tidur diatas kasur tanpa ada bantal. Juga bisa memakai bantal yang dibuat spesial untuk menangani leher tegang. 

4. Pijat leher yang merasa ngilu

Tidak hanya tempelkan kompres, Anda dapat memijat sendiri ruang leher yang merasa sakit. Triknya, mencari titik leher yang merasa sakit. 

Setelah itu, tekan atau urut dengan perlahan-lahan untuk mengurangi otot. Anda dapat minta pertolongan keluarga, pasangan, atau pegiat pijat untuk memberi pijatan. 

5. Minum obat

Minum obat adalah langkah menangani leher tegang yang paling praktis. Namun, lebih baiknya buat jadi ini jadi pilihan paling akhir. 

Masalahnya pemakaian obat pereda ngilu, seperti acetaminophen, ibuprofen, serta naproxen bisa memunculkan resikonya. Diluar itu, tidak baik dipakai dalam periode panjang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Menangani Leher Tegang Serta Kaku Leher "

Posting Komentar