Ragam Manfaat Dari Buah Mahkota Dewa yang Popular di Indonesia


Satu diantara tanaman obat yang popular di Indonesia ialah mahkota dewa. Tanaman yang buahnya berwarna merah menyala ini dipercaya berguna untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Tidaklah heran bila beberapa produk olahan herbal mahkota dewa laku manis diserang konsumen. Lalu, apa klaim itu benar atau hanya rayuan iklan? Yuk, cari info jawabannya dalam penjelasan tersebut. 

Selintas informasi mengenai mahkota dewa 

Mahkota dewa punyai nama latin Phaleria macrocarpa. Tanaman ini ialah tanaman asli Indonesia yang datang dari Papua. Warga Indonesia mengenalnya dengan nama daun dewa, sambung nyawa, atau ngokilo terutamanya di kepulauan Jawa. 

Di bawah ini beberapa klaim faedah mahkota dewa dan bukti ilmiahnya yang butuh Anda mengerti. 

1. Menangani ngilu haid 

Mencuplik dari beberapa sumber, mahkota dewa mempunyai kandungan anti-oksidan kuat seperti flavonoid, folifenol, saponin, tanin, terpenoid, serta alkaloid yang berlimpah. 

Berdasar riset, kandungan anti-oksidan dalam ekstrak buah dari tanaman herbal ini berbentuk antiradang yang punya potensi menyembuhkan ngilu haid (dismenore primer). 

Pada umumnya, kemampuan dampak antiradang dari ekstrak buah ini dapat berlainan bergantung dosis yang dipastikan tiap produknya. 

2. Menolong turunkan gula darah 

Satu diantara faedah mahkota dewa yang paling popular ialah jadi obat diabetes alami. 

Tetapi berdasar uji laboratorium, mengonsumsi teratur dari ekstrak buah ini sepanjang 4 minggu tidak demikian sukses turunkan gula darah. Dari 14 orang yang di teliti, cuma 1 orang saja yang gula darahnya alami penurunan sesudah minum suplemen itu. 

Studi itu tunjukkan jika mengonsumsi suplemen ekstrak mahkota dewa termasuk aman dalam kurun waktu 4 minggu sebab tidak ada dampak toksin untuk hati serta ginjal. Kontrol peranan hati (SGOT, SGPT) serta ginjal (BUN, kreatinin serum) tidak tunjukkan hasil yang mencemaskan. 

Meskipun begitu, beberapa pakar merekomendasikan beberapa diabetesi supaya tidak konsumsi ekstrak buah ini jadi hanya satu langkah untuk menyembuhkan diabetes. Kemanjuran obat herbal ini dalam turunkan gula darah belum juga dapat dibuktikan dengan klinis. 

3. Menahan resikonya obat kemoterapi 

Cisplatin adalah satu diantara obat kemoterapi yang seringkali diresepkan dokter. Obat ini efisien untuk membunuh serta menghalangi perubahan sel kanker di badan. Sayangnya, cisplatin bisa mengakibatkan resikonya berbentuk kehancuran ginjal bila dipakai dalam periode panjang. 

Berita baiknya, kandungan falovonoid dalam tanaman herbal ini dipercaya punya potensi membuat perlindungan ginjal dari dampak penyembuhan kemoterapi. 

Riset lain juga tunjukkan hal sama. Pemberian obat adriamycin-cyclophosphamide yang diimbangi dengan suplementasi mahkota dewa bisa kurangi efek resikonya dari kemoterapi. Suplementasi itu bisa kurangi kehancuran pada ginjal serta hati karena kemoterapi sekaligus juga menolong kurangi perkembangan tumor. 

Kembali lagi, riset yang ada masih hanya terbatas. Akhirnya, diperlukan riset uji klinis kelanjutan untuk betul-betul menunjukkan manfaat mahkota dewa untuk menahan kehancuran ginjal buat orang yang sedang teratur minum obat kemoterapi. 

4. Menolong turunkan tekanan darah 

Satu riset temukan jika buah mahkota dewa bisa menolong turunkan tekanan darah pasien hipertensi. Riset itu memberikan laporan flavonoid dalam buah ini dipercaya bisa menolong melemaskan pembuluh darah hingga turunkan tekanan darah. 

Sayangnya, riset ini masih dikerjakan dalam rasio yang benar-benar kecil. Oleh karena itu, diperlukan banyak riset kelanjutan untuk pastikan manfaat tanaman herbal ini dalam turunkan tekanan darah beberapa pasien hipertensi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragam Manfaat Dari Buah Mahkota Dewa yang Popular di Indonesia "

Posting Komentar