Sudah Menjalankan Pola Hidup Sehat, Tetapi Tetap Tinggi Cholesterol


Olahraga teratur serta jalani skema makan bergizi imbang adalah dua aspek khusus yang menolong Anda jaga cholesterol masih normal. Tetapi, ada beberapa orang yang masih mempunyai cholesterol tinggi meskipun sudah jalani pola hidup sehat. 

Keadaan ini tidak langsung mengisyaratkan jika pola hidup sehat yang Anda lalui salah. Masalahnya kandungan cholesterol yang tinggi dapat dikarenakan oleh unsur lain di luar pola hidup. 

Pemicu cholesterol tinggi meskipun sudah hidup sehat 

Berikut deretan unsur yang bisa mengakibatkan cholesterol tinggi meskipun Anda sudah olahraga serta mengontrol pola makan: 

1. Mempunyai familial hypercholesterolemia (FH) 

Familial hypercholesterolemia (FH) adalah keadaan tingginya cholesterol darah yang dikarenakan oleh kecacatan pada kromosom 19. Keadaan ini berbentuk genetik serta bisa diwariskan dari orang-tua ke anak. 

Beberapa anak yang mempunyai FH terlahir dengan cholesterol LDL yang tinggi. Cholesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) ialah cholesterol jahat yang menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah hingga tingkatkan efek penyakit jantung serta stroke. 

2. Menghindarkan makanan berkolesterol, tetapi masih konsumsi lemak jahat 

Walau sudah hidup sehat, Anda bisa jadi mempunyai kandungan cholesterol yang tinggi karena konsumsi makanan kaya lemak jemu serta lemak trans. 

Lemak jemu ada pada lemak hewani serta produk susu tinggi lemak. Sedang lemak trans terdapat pada makanan yang digoreng serta cemilan manis. 

Coba ganti produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau susu almond. Waktu ingin konsumsi daging, pilih daging dengan kandungan lemak paling dikit. 

Pakai juga cara memasak lain (bukan digoreng) yang lebih sehatkan, contohnya menumis. 

3. Konsumsi margarin padat untuk gantikan mentega 

Berlainan dengan mentega yang dibikin dari susu sapi, margarin dibikin dari kombinasi minyak nabati serta air. Berikut penyebabnya banyak yang berasumsi jika margarin lebih rendah cholesterol dibanding mentega. 

Walau sebenarnya, beberapa macam margarin memiliki kandungan minyak terhidrogenasi yang membuat memiliki bentuk jadi padat. Minyak terhidrogenasi adalah nama lain dari lemak trans yang tingkatkan cholesterol jahat dalam darah. 

4. Tidak konsumsi obat penurun cholesterol 

Pada sebagian orang, hidup sehat serta olahraga kurang untuk menahan cholesterol tinggi. Ada banyak keadaan yang mewajibkan Anda konsumsi obat penurun cholesterol, salah satunya: Mempunyai penyakit diabetes 

  • Sudah tercipta plak pada pembuluh darah 
  • Nilai LDL tinggi sekali (lebih dari 190 mg/dL) 
  • Ada beberapa kalsium dalam pembuluh darah hingga pembuluh darah mengeras 
  • Umur, tekanan darah, serta kisah cholesterol Anda tingkatkan efek cholesterol tinggi di waktu mendatang 

5. Begitu batasi mengonsumsi makanan berkolesterol 

Walau sering dilihat negatif, kenyataannya badan memerlukan cholesterol. Badan memperoleh cholesterol dari dua sumber, yaitu dengan membuat sendiri di hati dan dari makanan yang dikonsumsi. 

Waktu konsumsi cholesterol alami penurunan, badan Anda akan menghasilkan semakin banyak cholesterol untuk memenuhi kebutuhannya. 

Oleh karenanya, begitu batasi mengonsumsi makanan berkolesterol malah bisa menyebabkan cholesterol Anda melompat tinggi sekalinya sudah hidup sehat. 

Anda masih bisa konsumsi type makanan ini seandainya dalam jumlahnya selayaknya. 

Terdapat beberapa unsur yang bisa merubah kandungan cholesterol darah. Tidak hanya karena unsur genetik, pemicu yang lain datang dari kekeliruan skema makan yang tidak diakui. Berikut penyebabnya Anda masih dapat mempunyai cholesterol tinggi meskipun sudah hidup sehat. 

Meskipun begitu, bukan bermakna Anda bisa meremehkan pola hidup sehat serta olahraga teratur. Kedua-duanya masih penting untuk memperhatikan kesehatan badan serta turunkan efek penyakit karena kandungan cholesterol yang tidak teratasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Menjalankan Pola Hidup Sehat, Tetapi Tetap Tinggi Cholesterol "

Posting Komentar