Tips Mengemudi Untuk Kopling yang Lebih Awet


Panjang serta lamanya kemacetan seringkali bisa berimbas pada gampang ausnya elemen plat kopling. Hal itu biasanya dikarenakan karena kelamaan mencapai pedal kopling pada mobil manual waktu ada di kemacetan. 

Sebetulnya ada banyak panduan yang bisa dikerjakan supaya terlepas dari plat kopling aus waktu ada di kemacetan. Menurut Hadi Taruna sebagai Kepala Mekanik team balap Pertamax Turbo GRT, ada 5 point penting supaya terlepas dari plat kopling aus: 

  • Yakinkan Keadaan Kopling Dalam Keadaan Bagus 
Sebelum lakukan perjalanan mudik, memang disarankan untuk periksakan mobil terlebih dulu. Serta untuk mobil bertransmisi manual, semestinya tidak lupa untuk mengecek keadaan dari plat koplingnya. 

Bila telah tunjukkan beberapa gejala plat kopling aus, semestinya selekasnya ubah dengan elemen yang baru serta original. 

  • Mengerti Tehnik Berkendaranya 
Hatar menerangkan, satu hal yang cukup penting untuk menghindarkan plat kopling gampang aus waktu bermacet-macetan yakni harus sesuai waktu mencapai pedal gas serta meluncurkan pedal kopling. 

“Nah yang penting itu waktu macet, pengemudi harus dapat menyesuaikan di antara melepas pedal kopling serta mencapai pedal gas. Yang seringkali berlangsung itu, gas telah diinjak lebih lama tetapi kopling masih diinjak, ini yang paling membuat cepat kurangi usia kopling,” tuturnya. 

  • Tempat Netral serta Pakai Rem Tangan 
Hatar menyarankan bila memang keadaan diam macet itu lumayan lama, semestinya posisikan tuas transmisi di tempat netral serta pakai rem tangan. Bila sering tuas transmisi masuk di tempat gigi 1, karena itu pasti makin seringkali kopling diinjak serta ditahan. 

“Kalau macet lama ya mending dinetralin deh direm tangan. Jangan dimasukin gigi 1 terus ditahan digantungin. Itu membuat cepat gampang aus,” tutur Hatar. 

  • Mengerti Keadaan Kopling 
Sebelum bermacet-macetan, tidak ada kelirunya Anda memeriksa jarak pedal kopling mobil sekarang. Lihat jarak di antara pedal kopling waktu diinjak serta dilepaskan. 

Dengan mengetahui keadaan kopling itu, Anda bertambah mengerti langkah jaga torsi mesin supaya tidak mati waktu pedal kopling akan dikeluarkan. 

  • Menjaga Jarak 
Ini akan penting serta bermanfaat waktu Anda alami kemacetan di jalan yang naik. Dengan jaga jarak, Anda jadi tidak sering mencapai serta melepas pedal kopling. 

Diluar itu, yakinkan keadaan rem tangan dalam keadaan baik. Serta selaraskan waktu akan melepas pedal kopling, mencapai pedal gas serta melepas rem tangan. 

“Kalau macet di tanjakan, semestinya menjaga jarak. Sebab jika dikit jalan, dikit jalan itu kan kopling jadi seringkali main, kasian kelak. Jika berhenti lama pakai rem tangan saja. Serta waktu ingin maju harus juga sesuai di antara melepas kopling, mencapai pedal gas serta melepas rem tangan. Itu penting supaya torsi mesin terbangun serta tidak selip,” jelas Hatar. 

Hatar memperingatkan, bila saat di kemacetan serta merasakan pedal kopling telah kerja kurang baik atau telah berbau kampas kopling, semestinya selekasnya menepi serta istirahatkan mobil. Tidak ada kelirunya untuk periksakan mobil itu di posko-posko mudik atau bengkel-bengkel yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengemudi Untuk Kopling yang Lebih Awet"

Posting Komentar