Ini Dia Jenis Kursus atau Tempat Les yang Mampu Mengembangkan Kreatifitas Anak

Ini-Dia-Jenis-Kursus-atau-Tempat-Les-yang-Mampu-Mengembangkan-Kreatifitas-Anak

Mengasah kreativitas anak perlu dilakukan sejak dini. Pasalnya, kreativitas merupakan salah satu modal utama bagi anak agar mampu berpikir out of the box serta menemukan hal-hal baru guna mendukung kesuksesannya di masa depan. 

Ada berbagai macam cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengasah kreativitas anak, salah satunya dengan mengikutsertakan anak Kamu dalam Les tambahan. Les ini bersifat tambahan, biasanya dilakukan diluar jam sekolah dan tujuannya tentu saja mengembangkan bakat serta kreativitasnya. Namun, memilih tempat Les anak ternyata butuh pertimbangan yang matang lho. Agar proses belajarnya terasa menyenangkan, sehingga hasilnya pun lebih maksimal. 

Dalam memilih tempat Les sebaiknya sesuaikan juga dengan karakter anak Kamu. Sebab, tiap kegiatan memiliki efek yang berbeda bagi perkembangan mental anak. 

Misalnya, akan sangat efektif untuk memasukkan tipe anak aktif ke dalam Les olahraga, karena dengan begitu energinya yang berlebih dapat tersalurkan. Sebaliknya, kegiatan ini tentu akan terasa kurang nyaman jika dilakukan oleh tipe anak pasif yang mungkin lebih menyukai aktivitas yang tidak melibatkan kemampuan fisiknya. 

Nah, sebelum Kamu bingung memilih, yuk simak dulu pilihan tempat les anak berikut ini. 

1. Les gambar 

Si Anak senang menggambar, mewarnai atau membuat prakarya dari barang bekas? Nah, kalau begitu Kamu perlu mengikutsertakan dia ke dalam les gambar. Ada banyak hal positif yang diajarkan dalam Les ini. Diantaranya mengembangkan imajinasi anak, melatih ketekunan dan kesabaran serta melatih kemampuan visualnya saat mengkomposisikan warna dan tekstur. 

Les gambar baik diikuti oleh tipe anak yang pasif atau imajinatif. Disini, imajinasinya akan tersalurkan dengan baik tanpa memerlukan kegiatan fisik yang melelahkan. 

2. Les bela diri 

Tipe anak aktif perlu mengikuti Les ini. Kegiatan fisik seperti bela diri mampu menguras energy berlebih pada anak aktif. Jenis-jenis bela diri di Indonesia sendiri cukup banyak. Diantaranya Taekwondo, pencak silat, wushu, aikido atau martial arts. Pada prinsipnya, seluruh kegiatan bela diri ini mengajarkan nilai-nilai yang sama, yakni melatih ketangkasan, melatih reflex saat menangkis serangan lawan serta mengajarkan gerakan dasar untuk mempertahankan diri. 

3. Les musik dan vokal 

Salurkan hobi bermain musik anak dengan mendaftarkannya dalam kurus musik. Biarkan dia memilih kelas musik sesuai dengan minatnya. Biasanya di dalam Les musik ada berbagai macam kelas, seperti piano, gitar, drum, keyboard dan vokal. Tiap akhir tahun ajaran beberapa Les musik bahkan menggelar konser untuk menampilkan kreativitas bermusik para siswanya. Seru ya, Ma! 

4. Les robotik 

Pada umumnya, anak laki-laki menyukai robot-robotan. Nah, jika anak Kamu adalah salah satunya, maka cobalah mengikutsertakan dia ke dalam Les robotik. Les ini tak hanya mengajarkan anak tentang cara merakit robot saja, tetapi juga belajar pemograman dengan cara yang menyenangkan. 

5. Les memanah 

Les memanah belakangan ini tengah naik daun di kalangan anak-anak dan remaja. Pasalnya, olahraga ini memiliki banyak memanfaat, seperti melatih konsentrasi, melatih fokus mata, kesabaran serta kekuatan otot tangan saat memegang busur. Les ini sangat efektif meredam energi yang berlebih serta melatih fokus pada anak ADHD dan anak berkebutuhan khusus lainnya. 

6. Les tari dan seni peran 
Salurkan hobi menari si Anak dengan mengikuti Les tari dan seni peran. Disini, bakat menarinya akan lebih fokus terasah dengan bantuan pelatih yang sudah professional di bidangnya. Les ini cocok diikuti oleh anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan cenderung cerewet. 

Itu tadi jenis-jenis Les atau kursus yang dapat kamu rekomendasikan ke buah hati untuk mengikutinya. Tentu sebuah kebanggaan bila anak kita menjadi pandai dan penuh kreatifitas bukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Jenis Kursus atau Tempat Les yang Mampu Mengembangkan Kreatifitas Anak"

Posting Komentar