6 Cara Cepat Sembuhkan Sariawan


Walau bisa mengakibatkan ngilu tidak karuan, sariawan bukan penyakit yang menyebar. Keadaan ini juga dapat diobati dengan perawatan rumahan memakai beberapa bahan alami. Beberapa obat medis yang di jual bebas di apotek dapat juga menolong percepat pengobatan. 

Berikut beberapa langkah gampang yang dapat dikerjakan untuk menyembuhkan sariawan di tenggorokan. 

1. Berkumur dengan air garam 

Berkumur dengan air garam ialah langkah paling mudah serta paling cepat untuk menyembuhkan sariawan di tenggorokan. 

Beberapa riset memberikan laporan jika garam bisa menolong memudahkan peradangan serta rasa sakit di ruang yang terluka. Tidak itu saja, karakter antibakteri serta antiseptik yang dipunyai garam efisien untuk menahan cedera makin kronis. 

Agar Anda cepat pulih, larutkan seputar 1/2 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Lalu kumur-kumur di tenggorokan seputar 1-2 menit. Kemudian, buang air sisa kumuran barusan. Ingat, air sisa kumurannya jangan ditelan, ya! 

2. Minum air dingin 

Anda dapat menurunkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dengan minum air dingin. Langkah satu ini termasuk mujarab untuk kurangi pembengkakan karena cedera sariawan di tenggorokan. 

Pertama kali, sediakan satu gelas air dingin. Lalu minumlah air dingin sedikit-sedikit serta pelan-pelan. Tahan air di tenggorokan serta diamkan sepanjang beberapa menit. Anda dapat berkumur dengan air dingin seringkali atau sampai rasa ngilu yang Anda alami menyusut. 

3. Jauhi makanan tersendiri 

Makanan yang begitu asam, pedas, serta panas dapat membuat sariawan di tenggorokan tidak segera pulih. Oleh karenanya, sepanjang sariawan, yakinkan Anda menghindarkan beberapa type makanan itu. 

Anda pun disarankan untuk konsumsi makanan yang lunak serta lembut. Jauhi konsumsi makanan yang memiliki tekstur keras serta tajam, contohnya keripik, kerupuk, atau gorengan. Bukannya cepat pulih, konsumsi konsumsi makanan itu bisa membuat cedera sariawan makin besar. 

Yakinkan Anda bijak dalam pilih makanan yang Anda makan tiap hari. 

4. Berkumur gunakan obat kumur 

Berkumur gunakan obat kumur dapat juga jadi salah satunya langkah menyembuhkan sariawan di tenggorokan. Di market, produk obat kumur ada dengan bermacam brand, rasa, warna, serta peranan. Tetapi, yakinkan Anda menghindarkan obat kumur yang Anda beli tidak memiliki kandungan alkohol serta zat iritan. 

Anda dapat pilih produk yang memiliki kandungan senyawa hidrogen peroksida, benzokain, serta fluacinonide. Beberapa kandungan itu bisa menolong menurunkan ngilu sekaligus juga percepat pemulihan. 

5. Minum obat antinyeri 

Jika Anda tidak tahan dengan sakitnya sariawan, minum obat antinyeri bisa saja jalan keluar yang pas. Obat antinyeri seperti Paracetamol serta ibuprofen bisa dibeli di apotek tak perlu menebus resep dokter. Obat ini juga aman diminum oleh semua golongan umur, terhitung beberapa anak. 

Tetapi, sebelum minum obat yakinkan Anda membaca dengan cermat ketentuan gunakan yang tercantum pada paket produk. Yakinkan dosis yang Anda minum sesuai yang disarankan. Jangan sungkan untuk menanyakan ke dokter atau apoteker jika Anda tidak memahami ketentuan pakainya. 

6. Obat kortikosteroid 

Anda dapat juga menurunkan rasa nyut-nyutan di seputar cedera dengan minum obat kortikosteroid yang dibeli di apotek atau toko obat paling dekat. Obat kortikosteroid dapat menantang peradangan serta menurunkan ngilu. 

Salah satunya type obat kortikosteroid yang umum diketemukan ialah prednison. Obat kortikosteroid untuk sariawan umumnya ada berbentuk obat kumur, atau obat minum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Cepat Sembuhkan Sariawan"

Posting Komentar