AC Tidak Dingin? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

AC-Tidak-Dingin-Perhatikan-Beberapa-Hal-Berikut-Ini

Penyebab ac mobil tidak dingin dan penyebab mobil bergetar bisa anda ketahui dan lihat dari fisik yang ada. Belajarlah untuk peka dengan lingkungan yang ada di sekitar anda. Semua yang ada di sekitar anda bisa menjadi sumber ilmu bermanfaat dan berguna bagi kehidupan di masa yang akan datang. 

Ac mobil yang digunakan setiap hari, tentu saja membutuhkan perawatan khusus layaknya manusia butuh berobat untuk menjaga kondisinya agar tetap baik. Minimal wajib secara rutin dibersihkan untuk meminimalisir kerusakan jangka pendek. 

Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab ac mobil tidak dingin yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini : 

1. Jarang Dibersihkan 

Debu – debu yang menempel atau bersarang pada ac mobil anda, mungkin saja akan membuat kondisi ac menjadi tidak dingin. Hal ini dikarenakan debu – debu yang bersarang di bagian ventilasi akan menghalangi penyuplaian udara yang dikeluarkan dari dalam ac. 

Semakin banyak debu yang menempel akan semakin tidak dingin udara yang dihasilkan oleh ac mobil anda. Untuk itu saya sarankan untuk selalu membersihkan lubang ventilasi ac secara rutin, seminim – minimnya satu minggu sekali. Kebiasaan ini dirasa cukup efektif untuk digunakan sebagai salah satu perawatan harian ac mobil anda. Cobalah dan buktikan sendiri bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah dibersihkan. 

2. Freon Sudah Mulai Habis 

Sebagai pemilik mobil seharusnya anda tau mengenai schedule perawatan atau pun hal lainnya yang berhubungan dengan mobil tersebut. Termasuk jadwal pengisian freon harus anda perhatikan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda agar tidak kehabisan freon dan merasa tidak nyaman karena ac tidak dingin lagi. 

Saat anda nyalakan ac hanya menghabiskan energi saja tanpa memberikan timbal balik yang menguntungkanbagi anda yakni tidak terasa dingin. Pemborosan energi tidak bisa dihindari, jika anda tidak menyadarinya sejak awal. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dan kepekaan anda terhadap mobil pribadi yang anda miliki. Baca juga cara membersihkan kaca mobil 

3. Coil Rusak atau Putus 

Ac mobil menjadi tidak dingin lagi bisa juga diakibatkan oleh bagian spul magnetic clutch putus. Tidak hanya karena putus saja, melainkan mati pun bisa memicu ac menjadi tidak dingin. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, anda bisa memperhatikan bagian spul pada saat anda sedang menghidupkan mobil. 

Kerusakan atau pun matinya bagian ini biasanya bisa ditandai dengan sangat mudah, proses penghidupan mobil tanpa dibarengi dengan bagian kompresor ac yang tidak berputar. Nah proses tersebut sudah bisa mewakili dan juga menjelaskan kondisi coil yang rusak. 

4. Fan Belt Ac Putus 

Penyebab ac mobil tidak dingin berikutnya adalah karena fan belt ac putus. Bagian fan belt ac putus bisa menjadi salah satu penyebab tidak dinginnya ac mobil anda. Untuk itu perawatan memang perlu dilakukan agar anda tau jika terjadi masalah sedini mungkin sebelum kejadian buruk menimpa anda sehingga membuat kondisi menjadi tidak nyaman. 

Bagian sabuk (belt) mempunyai fungsi utama dalam membantu menghubungkan antara proses putaran yang ada di bagian mesin menuju ke bagian kompresor. 

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab ac mobil tidak dingin yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi. 

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai service ac mobil yang tidak dingin. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AC Tidak Dingin? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini"

Posting Komentar