Cobain Yuk Perjalanan Menyenangkan ke Solo dengan Kereta Prameks Jogja

-Cobain-Yuk-Perjalanan-Menyenangkan-ke-Solo-dengan-Kereta-Prameks-Jogja

Hai para pembaca! Sudah pernah ke Solo naik kereta? Jika belum sempat mengunjungi kota istimewa ini menggunakan kereta api, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai akhir ya. Artikel ini akan menceritakan pengalaman seru berlibur ke Solo memakai salah satu jenis kereta api lokal di Pulau Jawa. 

Mengenal Prameks Jogja 

Prameks Jogja merupakan salah satu kereta api lokal yang melayani perjalanan dari dan ke Kutoarjo dan Solo. Oleh karena kereta ini adalah kereta api lokal, jadi jumlah gerbong kereta yang ditawarkan ke penumpang tidak sebanyak jumlah gerbong kereta api antar kota. Maksud dari kereta api lokal di sini adalah kereta api ini hanya melayani satu rute perjalanan saja dari beberapa stasiun. Nah dalam hal ini, kereta api prameks atau Prambanan Ekspres melayani rute perjalanan yang berasal dari Stasiun Kutoarjo menuju Stasiun Solo Balapan, begitu pula rute sebaliknya. Jadi, bagi kamu yang berdomisili di sekitar Kutoarjo atau Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Kota Solo bisa menggunakan alternatif transportasi ini. 

Pada awal pengoperasiannya, kereta api lokal ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat. hal ini bisa jadi disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat mengenai fasilitas kereta api lokal yang bisa membawa mereka ke Solo. Tetapi, kini, berkat kemajuan teknologi yang sudah berkembang dengan pesat di masyarakat Indonesia, orang-orang sudah mulai tertarik untuk menggunakan kereta api lokal sebagai sarana transportasi mereka menuju ke kota sebelah Yogyakarta, yaitu Solo. Bahkan, saat ini, kamu tidak perlu antri lama dan panjang di loket stasiun hanya untuk membeli tiket kereta api lokal ini. Dengan menggunakan aplikasi resmi dari perusahaan negara yang bergerak di bidang perkereta-apian, kamu bisa dengan mudah memilih, memesan, dan bahkan membayar secara online tanpa perlu bertemu secara langsung dengan siapapun. 

Biaya Prameks Jogja 

Nah jika kamu sudah menentukan ingin berkunjung ke Solo menggunakan salah satu moda transportasi ini, kamu sudah menghemat banyak biaya pengeluaran kamu untuk transportasi. Dibandingkan menggunakan transportasi lain seperti bus umum, menggunakan kereta Prameks dari domisili kamu yang masih berada di sekitar Kutoarjo dan Yogyakarta bisa dibilang sangat murah. Dari Stasiun Kutoarjo, jika kamu berencana untuk turun di Stasiun Solo Balapan, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 16.000 saja. Biaya ini juga berlaku jika kamu ingin naik dari stasiun-stasiun kereta api yang ada di Yogyakarta, Stasiun Tugu Yogyakarta misalnya. Namun, jika kamu naik dari stasiun yang berdekatan dengan Stasiun Solo Balapan, seperti Stasiun Purwosari, kamu hanya dibebankan biaya sebesar Rp. 8.000 saja. Bagaimana? Cukup murah bukan? 

Jika kamu membeli tiket secara online melalui aplikasi yang ada di gadget kamu, kamu harus mengunduh aplikasi dompet virtual sebagai metode pembayarannya. Kamu bisa mengisi saldo di dompet virtual kamu tersebut agar bisa membayar tiket kereta yang kamu pesan. Dengan menggunakan aplikasi yang ada, kamu tidak perlu repot antri dan ribet menunggu kembalian uang dari sisa transaksi pembayaran kamu di loket. Sayangnya, karena moda transportasi ini sudah menjadi populer di kalangan masyarakat Kutoarjo-Yogyakarta-Solo, ketika kamu naik ke dalam kereta api ini, kamu belum tentu bisa mendapatkan kursi tempat duduk. Hal ini dikarenakan banyak penumpang juga yang naik ke dalamnya, jadi mau tidak mau kamu harus berdiri. Berdiri di dalam kereta Prameks juga tidak terlalu buruk, karena di beberapa stasiun banyak penumpang yang akan turun dan kamu bisa menggunakan kursi kosong yang ada setelah beberapa penumpang turun. 

Alternatif lain menuju Solo 

Penjelasan di atas tadi adalah mengenai kereta Prameks jika kamu berdomisili tidak jauh dari kota Solo. Lalu bagaimana jika kamu tidak berdomisili di sekitar sana namun ingin mengunjungi kota Solo? Bagi yang sudah pernah ke Solo naik kereta, tentu pertanyaan ini bukanlah pertanyaan sulit untuk di jawab. Di era teknologi informasi ini, semua hal sudah banyak ditampilkan melalui internet. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di paragraf di atas, jika kamu ingin main ke Solo dengan menggunakan kereta api, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pemesanan tiket kereta api melalui gadget yang kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa mulai memilih tanggal dan memesan tiket kereta dari stasiun terdekat dari domisili tempat kamu tinggal. Kamu juga bisa mengecek harga tiket kereta yang terpampang di aplikasi. 

Oleh karena jenis kereta api yang akan kamu naiki bukan kereta api lokal, maka kamu sendiri bisa menentukan ingin naik kereta api kelas apa. Terdapat tiga kelas kereta api, dimana yang paling murah adalah kereta api ekonomi, sedangkan dua kelas lain di atasnya adalah kereta api bisnis dan eksekutif. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan kereta api eksekutif dan bisnis biasanya mencapai ratusan ribu rupiah. Sedangkan jika kamu beruntung mendapatkan kelas ekonomi, kamu hanya perlu membayar tiket di bawah Rp. 100.000. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cobain Yuk Perjalanan Menyenangkan ke Solo dengan Kereta Prameks Jogja"

Posting Komentar