Kunjungi Dokter Spesialis Mata di Jakarta Timur Jika Anda Mengalami Hal Berikut!


Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia, menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan resiko hilangnya penglihatan. Adanya organ mata Anda bisa membaca, melihat film serta mensyukuri keagungan Tuhan. Untuk ilmu yang mempelajari penyakit mata adalah optalmologi. Dokter yang menempuh spesialis ini mampu menangani dan mendiagnosis segala aspek penyakit mata dan melakukan operasi rumit untuk menyelamatkan penglihatan Anda. Apabila Anda dirasa perlu konsultasi, Anda bisa berkunjung pada dokter spesialis mata di Jakarta Timur

Optamologi adalah salah satu bidang kedokteran yang tidak biasa dan nyaris semua dokter yang mengambil spesialis ini adalah ahli di dua bidang. Selain fokus spesialis mata yaitu dokter bedah yang terampil. Bayangkan rumitnya melakukan pembedahan di daerah mata. Bagaimana rumit dan sulitnya melakukan pembedahan pada salah satu organ yang terbilang kecil. 

Ada berbagai jenis penyakit mata, tetapi bukan berarti Anda harus mengunjungi spesialis penyakit mata ketika mengalami sakit mata. Sebab, ada beberapa penyakit mata yang bisa ditangani oleh dokter umum seperti mata merah dan mata lelah. Jenis penyakit mata yang ditangani dokter spesialis mata adalah sebagai berikut: 

1. Katarak 

Katarak disebabkan karena lensa alami mata menjadi kabur. Katarak biasanya dialami pasien lanjut usia berusia 60 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan dialami anak muda, bayi atau bahkan bayi baru lahir. Penyakit ini juga dapat terjadi lebih cepat pada perokok. Gejala katarak dimulai dari penglihatan kabur, silau, sensitif kontras menghilang atau penglihatan ganda pada satu mata. Proses penyembuhan yang dilakukan adalah operasi. Jika tidak dilakukan penglihatan akan semakin menurun dari waktu ke waktu. Jika sudah parah operasi akan semakin sulit dilakukan. 

2. Glaukoma 

Glaukoma merupakan penyebab kebutaan di dunia. Penyakit ini merusak saraf optik mata yang mengirim informasi visual ke otak Anda. Kerusakan saraf optik disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam bola mata akibat adanya timbunan cairan di dalam mata. Tidak ada gejala mulanya, namun mata Anda akan mengalami tekanan yang meningkat sehingga menyebabkan buta. Untuk upaya pencegahannya, lakukan periksa mata ketika usia menginjak 40 tahun atau riwayat penyakit keturunan. 

3. Kelainan kornea 

Kornea merupakan lapisan terluar mata yang membantu mata fokus menangkap sinar atau gambar dari suatu objek dan melindungi mata dari debu, kuman atau zat berbahaya lainnya. Kondisi yang dapat menyerang kornea adalah cedera mata, alergi, keratitis, ulkus kornea atau luka pada kornea serta distrofi kornea yaitu kehilangan kejernihan. 

4. Ablasi retina 

Terjadi saat retina, jaringan sensitif mata mengirim pesan gambar ke otak, keluar dari posisinya. Retina robek atau terlepas akibat adanya cairan berlebih di sekitarnya. Hal ini jarang ditemukan. Hanya sedikit pasien penderita sakit ini. Gejalanya yaitu melihat bayangan gelap buram dimulai dari sisi mata dan kemudian melebar. 

Selain berbagai jenis penyakit di atas, masih ada banyak penyakit mata yang bisa ditangani dokter spesialis penyakit mata. Apabila penglihatan Anda tiba-tiba kabur, mata terasa nyeri, bengkak dan mengeluarkan cairan segera kunjungi dokter. Ketika memilih dokter spesialis mata, Anda bisa meminta rekomendasi dari dokter umum, teman atau keluarga. Selain itu Anda bisa bertemu dokter spesialis mata di Jakarta Timur. Pastikan pula dokter yang Anda pilih memiliki kualifikasi dan kompeten sesuai dengan kondisi Anda. Jangan mengabaikan penyakit mata. Segera periksa untuk mendapatkan pemeriksaan serta penanganan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunjungi Dokter Spesialis Mata di Jakarta Timur Jika Anda Mengalami Hal Berikut!"

Posting Komentar