Tips Mengatasi Rem Motor Bunyi yang Cepat dan Mudah

Tips-Mengatasi-Rem-Motor-Bunyi-yang-Cepat-dan-Mudah

Bagi Anda pengendara sepeda motor, fungsi rem tentu menjadi alat yang vital bagi keselamatan. Namun, ketika rem motor berbunyi dan menghasilkan suara yang tidak enak, tentu saja timbul kekhawatiran pada diri kita. Apabila hal tersebut terjadi, berikut merupakan tips mengatasi rem motor yang bunyi dengan cepat dan mudah untuk di praktekkan.

Pada dasarnya, untuk menghilangkan suara aneh yang terdengar rem motor bukan hal yang sulit untuk di lakukan. Anda hanya perlu membuka dan meneliti bagian kampas dan tromol pada rem motor yang Anda miliki. Karena seringkali, kedua komponen itulah yang menyebabkan bunyi-bunyi aneh terdengar dari rem motor, sehingga perlu di lakukan pembersihan dengan benar.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan, yakni lap yang bersih ataupun amplas yang halus.
  2. Kemudian buka bagian pengereman yang sebelumnya berbunyi pada motor Anda.
  3. Langkah selanjutnya untuk tips mengatasi rem motor yang bunyi adalah mencopot roda dan mengambil kampas rem yang terdapat pada bagian tromol rem.
  4. Ambil dan bersihkan secara seksama, berikut dengan kampasnya. Periksalah apakah ada bagian rem yang perlu di ganti. Biasanya rem berbunyi hanya karena kampas dan tromol yang terdapat pada bagian rem kotor saja.
  5. Periksa pula keadaan kampas rem dan tromolnya, apakah masih dalam keadaan yang bagus. Apabila masih, cara membersihkannya dengan menggunakan sabun. Anda hanya perlu mencucinya sampai bersih, kemudian mengamplasnya dengan amplas, sampai kampas rem terasa agak kasar.
  6. Bila sudah dibersihkan, Anda hanya perlu memasangnya kembali. Pasang dengan teliti sebagaimana Anda membongkarnya tadi.
  7. Jika sudah selesai, Anda bisa mencoba untuk menyalakannya kembali. Biasanya pada saat ini, rem sudah tidak lagi berbunyi dan terdengar kesat serta bersih.
Itulah langkah mudah untuk mengatasi rem motor yang bersuara tidak lazim dengan menggunakan tips mengatasi rem motor bunyi yang mudah, aman dan cepat untuk di lakukan. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Rem Motor Bunyi yang Cepat dan Mudah"

Posting Komentar