Jangan Panik, Hadapi Coronavirus dengan Tips Berikut Ini!

Jangan-Panik-Hadapi-Coronavirus-dengan-Tips-Berikut-Ini

Coronavirus atau covid19 saat ini menjadi penyakit yang paling mengkhawatirkan di seluruh dunia karena sudah menjadi pandemi atau wabah. Hingga saat ini, korban masih terus berjatuhan walau sudah mencapai 33 ribu orang yang meninggal dunia di seluruh dunia. Di Indonesia saja hingga saat ini korban meninggal sudah mencapai 130 orang lebih dengan total kasus terdeteksi mencapai 1.500an orang positif covid19. Angka ini diprediksi bisa terus naik bahkan puncak pandemi di Indonesia baru diramalkan akan terjadi di bulan Mei. Tentu saja kondisi tersebut membuat semua masyarakat khawatir apalagi sudah tidak bisa beraktivitas seperti biasa karena adanya upaya-upaya pencegahan dari penyebaran virus yang mempengaruhi aktifitas. Namun Anda tak perlu panik, karena panik justru bisa menyebabkan stres yang buruk untuk kesehatan. Berikut ini adalah tips sehat, agar Anda dan keluarga lebih aman dari kontaminasi virus:

1. Di rumah saja.

Cara yang paling aman adalah di rumah saja bagi Anda yang tidak memiliki covid19 positif. Anda dan keluarga hanya perlu berada di rumah untuk mengurangi penyebaran covid19 yang masif. Usahakan tidak menerima tamu dari luar dengan melakukan silaturahmi secara online. Dengan di rumah saja, Anda tidak akan bertemu dengan seseorang yang bisa jadi merupakan carrier atau pembawa virus.

2. Sosial distancing.

Jika ternyata Anda harus keluar rumah karena tuntutan pekerjaan, maka cara yang terbaik adalah menerapkan sosial distancing atau physical distancing. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan akan sangat berpengaruh agar Anda tidak terkena droplet atau percikan air ludah carrier covid19. Ambil jarak aman minimal 1 meter jika harus melakukan interaksi dengan orang lain. Gunakan masker saat bepergian ke luar rumah serta kacamata pelindung.

3. Cuci tangan dengan sabun.

Karena virus corona sangat mudah ditularkan melalui droplet dan masih bisa bertahan di benda mati selama beberapa jam, ada kemungkinan tangan Anda terkontaminasi virus dari pegangan tangga, tombol lift, dinding, hingga buku dan meja di kantor. Karena itu seringlah mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer untuk membunuh kuman atau virus yang menempel. Pastikan Anda tidak menyentuh area muka jika Anda belum mencuci tangan.

4. Hidup higienis.

Hidup higienis dengan selalu mencuci bersih apa saja yang masuk atau berada di dalam rumah bisa menjadi pencegahan virus corona yang dibutuhkan oleh anggota keluarga. saat Anda pulang ke rumah dari bepergian, jangan langsung masuk dan menemui anggota keluarga lainnya, namun terlebih dahulu buka alas kaki, dan mandi. Cuci atau semprotkan cairan desinfektan ke barang bawaan kemudian ganti dengan baju baru dan rendam baju lama menggunakan detergen. Barulah Anda boleh menemui anggota keluarga lainnya.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Virus sejatinya bisa dikalahkan dengan sistem imun yang kuat. Karena itu selalu tingkatkan sistem imun dengan mengkonsumsi buah, sayur dan makanan sehat lainnya termasuk suplemen jika perlu.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kontaminasi coronavirus pada diri Anda dan keluarga. dengan tindakan-tindakan pencegahan yang tepat dan baik, diharapkan akan memperkecil resiko kontaminasi yang bisa saja terjadi dengan sangat mudah. hingga saat ini penderita corona positif di Indonesia telah mencapai 1.500 ribu orang dengan angka kematian tinggi hingga 8%nya sehingga semua orang harus lebih waspada dengan melakukan upaya-upaya pencegahan yang efektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Panik, Hadapi Coronavirus dengan Tips Berikut Ini!"

Posting Komentar