Info SehatQ tentang 5 Kondisi untuk Tes Audiometri


Telinga merupakan indera penting bagi tubuh untuk mendengar dan sebagai fungsi keseimbangan. Dikutip dari SehatQ.com salah satu cara untuk mendeteksi kesehatan telinga adalah menggunakan tes audiometri. Anda dan keluarga dapat melakukan tes ini di klinik dan rumah sakit. Untuk melihat klinik mana yang mengadakan tes audiometri, Anda dapat mengeceknya di bagian Toko Kesehatan pada situs SehatQ.
 

5 Kondisi untuk Tes Audiometri

Siapapun dapat mengikuti tes ini untuk mengetahui bagaimana kondisi indera pendengaran mereka. Tes audiometri dilakukan oleh dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Audiometri juga dapat mendeteksi seseorang mengalami gangguan pendengaran. Secara khusus, tes ini juga diperuntukan bagi kalangan tertentu. Beberapa orang tersebut antara lain:
 

1. Pernah Cedera pada Telinga dan Kepala

Jika Anda pernah cedera pada telinga, terutama telinga di bagian dalam hingga gendang telinga, maka Anda lebih baik megecek indera pendengaran Anda dengan tes audiometri. Selain itu, apabila Anda pernah cedera pada kepala, tes ini juga penting untuk mengetahui kemampuan mendengar Anda.
 
Gendang telinga atau membran timpani sangat berguna pada tubuh yaitu untuk menghantarkan gelombang suara ke bagian tengah dan bagian dalam telinga. Membran ini merupakan bagian yang membuat Anda mendengar suara.
 
Gendang telinga dapat robek karena merupakan jaringan yang tipis. Ketika gendang ini robek, maka akan ada rasa tidak nyaman pada telinga. Tetapi, hal ini dapat sembuh sendirinya apabila tidak ada komplikasi.
 
Cedera kepala juga sedikit banyak mempengaruhi sistem pendengaran. Agar mengetahui permasalahan pada pendengaran, maka Anda memerlukan tes audiometri.
 

2. Mendiagnosis Penyakit Telinga

Tes audiometri merupakan suatu tes untuk screening awal pada diagnosis suatu penyakit. Ketika Anda merasakan suara yang menderu, mendesis dan mendengung pada telinga, Anda dapat mengikuti tes ini agar mengetahui tindakan selanjutnya.
 
Penyakit telinga juga ditandai dengan beberapa gejala seperti gangguan pendengaran, keluar cairan dari liang telinga, merasakan vertigo, dan keseimbangan berkurang. Beberapa penyakit telinga antara lain tinnitus, meniere, kanker telinga, tuli konduksi, dan infeksi telinga.
 

3. Mengalami Penurunan Kualitas Pendengaran

Seperti yang ditulis di SehatQ, tes audiometri juga digunakan untuk mengecek fungsi pendengaran. Untuk melakukan tes ini, sebaiknya pada dokter THT terpercaya.
 
Penurunan kualitas pendengaran juga dapat dialami oleh orang-orang berusia muda. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari penyakit atau terlalu sering mendengarkan suara terlalu keras. ketika Anda bekerja di tempat-tempat dengan suara keras, bisa jadi Anda mengalami hal ini.
 
Salah satu ciri penurunan kualitas pendengaran adalah Anda tidak dapat mendengar suara dengan jelas, sehingga komunikasi pun menjadi tidak lancar. Apabila Anda bekerja di lingkungan yang bersuara keras, Anda dapat melakukan tes Audiometri agar mengetahui keadaan telinga.
 

4. Orang Lanjut Usia

Orang lanjut usia rentan terhadap penurunan pendengaran. Hal ini karena adanya penurunan fungsi tubuh yang dialami oleh lansia atau disebut dengan presbikusis. Pada presbikusis, terdapat perubahan dan gangguan saraf pada sistem pendengaran. Selain itu, kondisi ini juga dapat melemahkan dan merusakkan rambut getar pada telinga.
 
Untuk mengetahui hal ini dan tindakan lanjutan, Anda dapat membawa orang tua Anda ke klinik THT yang menyediakan tes audiometri.
 

5. Memiliki Kelainan Bawaan

Tes audiometri digunakan untuk mengukur kemampuan pendengaran pada orang yang memiliki kelainan bawaan, salah satunya adalah disabilitas rungu. Selain itu, tes ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi awal mengenai gejala tuna rungu pada seseorang.
 
Informasi mengenai tes audiometri lebih lengkap dapat Anda baca di SehatQ. Selain itu, apabila Anda memilih keluhan penyakit, baik itu pada bagian telinga atau lainnya, Anda bisa membeli obat melalui fitur Toko Kesehatan yang disediakan oleh SehatQ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info SehatQ tentang 5 Kondisi untuk Tes Audiometri"

Posting Komentar