7 Destinasi Wisata Menarik di Blitar yang Sayang untuk Dilewatkan

Makam Bung Karno - Canva Pro

Saat menyebut nama Kota Blitar, nama presiden pertama Indonesia Pasti langsung terngiang di kepala, kan? Ya, Presiden Soekarno berasal dari Blitar dan makamnya pun berada di Blitar yang membuat nama kota ini punya sejuta pesona.

Bukan cuma itu lho karena Blitar juga punya destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Menuju ke kota yang berbatasan dengan laut selatan Jawa ini pun sangat mudah, bisa dengan naik kereta Kahuripan atau bisa juga dengan bus atau travel. Kamu tinggal pilih naik transportasi mana paling nyaman untuk menuju kota ini.

Lalu, ada apa saja di Blitar? Nah, berikut ini ada rekomendasi 7 destinasi wisata menarik di Blitar yang bisa kamu kunjungi.

1. Makam Bung Karno

Jangan langsung berpikir jika area makam adalah tempat yang seram ya. Tidak berlaku di makam Bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama kita ini! Makam Bung Karno berada di Jalan Ir. Soekarno No. 152 dan bisa dikunjungi secara gratis.

Disini kamu bisa mengirim doa kepada beliau yang punya banyak andil dalam memerdekakan Indonesia sehingga kita bisa menjadi bangsa yang merdeka seperti saat ini.

2. Pantai Tambakrejo

Berbatasan dengan Pantai Selatan membuat Blitar punya banyak sekali stok pantai-pantai cantik nan eksotis untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tambakrejo yang sering dijadikan spot memancing.

Pantai cantik ini punya karakteristik ombak yang cukup besar khas pantai yang berada di Pantai Selatan. Sehingga tidak disarankan bermain air karena bisa berbahaya. Namun kamu bisa bersantai di tepi pantai atau menikmati hidangan seafood yang segar karena pengunjung bisa memilih langsung ikan yang ingin disantap di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang ada di pantai ini.

3. Pantai Pangi

Jika kamu ingin main air di pantai, nah Pantai Pangi ini bisa jadi tujuan wisata yang asyik. Pantai yang letaknya lumayan tersembunyi di balik perbukitan ini punya view yang menawan serta air yang tenang di pantainya.

Hal ini karena pantai ini berada di cekungan kecil yang di kanan kirinya ada batu karang berukuran besar yang menjadi pemecah ombak besar khas Pantai Selatan sehingga yang sampai di bibir pantai relatif tenang dan bisa dipakai untuk berenang, yeay!

Hamparan pasir putih dipadu dengan air yang jernih dan deretan pohon pinus di pantai ini semakin menambah keindahan Pantai Pangi ini. Uniknya lagi di bagian kiri batu karang terdapat telaga payau yang cukup luas dengan air yang tenang dan juga jernih. Ada juga pohon bakau di sekitarnya yang membuat pemandangan di telaga ini memiliki pesonanya tersendiri.

4. Pantai Jolosutro

Jika pantai-pantai yang disebutkan sebelumnya memiliki karakteristik pasir pantai yang putih, namun Pantai Jolosutro beda lho! Kamu akan menemukan hamparan pasir berwarna kehitaman yang mengandung butiran biji besi. Selain itu bukit-bukit karang di pantai ini juga menambah keeksotisannya.

Pantai yang berada di Kecamatan Wates ini dikelilingi pepohonan yang teduh sehingga sangat mendukung jika kamu ingin menjelajahi tepiannya hingga ke ujung pantai.

Oh ya, di pantai ini sering diadakan upacara adat seperti larusng sesaji dan ritual-ritual lainnya. Hal ini tak terlepas dari kaitan pantai ini dengan Nyi Roro Kidul.

5. Gunung Kelud

Bagi kamu pecinta alam, ke Blitar kurang sempurna jika tidak naik Ke Gunung Kelud. Gunung yang berada di perbatasan Blitar dan Kediri ini pernah meletus pada 2014 lalu dan meninggalkan danau kawah yang indah.

Jika tidak suka mendaki gunung, kamu bisa memilih naik jeep dan melakukan offroad di Gunung Kelud. Ada juga agrowisata dan Kampung Durian hingga flying fox dengan panjang lintasan 100 meter. Menarik bukan?

6. Penangkaran Rusa Maliran

Sesuai dengan namanya, disini kamu bisa berinteraksi dengan rusa-rusa lucu yang ada di sini. Berada di kawasan hutan konservasi, penangkaran rusa ini bisa jadi alternatif tempat liburan seru selama di Blitar. Kamu bisa memberi makan dan juga berfoto dengan rusa-rusa di sini lho! Ada juga berbagai wahana menarik yang bisa kamu nikmati di sini.

7. Air Terjun Coban Wilis

Bukan Cuma pantai, di Blitar juga ada lho air terjun cantik yang bisa kamu kunjungi, yaitu Coban Wilis. Berada di Slumbung, Kecamatan Gandusari, air terjun ini berada di tengah hutan dan membutuhkan sekitar 2 jam jalan kaki untuk mencapainya.

Meski melelahkan, namun semua akan terbayar dengan keindahan dan keasrian di air terjun ini lho! Wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang suka jelajah alam dan juga petualang sejati.

Nah, seru juga kan liburan ke Blitar? Kamu bisa nih merencanakan berkunjung ke kota ini dan pesan tiket keretanya secara online di Traveloka saja. Selain mudah dan cepat, ada banyak promo dari Traveloka yang bisa buat rencana perjalanan kamu semakin hemat lho. Pastikan juga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan di mana pun berada ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Destinasi Wisata Menarik di Blitar yang Sayang untuk Dilewatkan"

Posting Komentar