Kanker versus Tumor, Kenali Perbedaan dan Persamaannya


Jenis penyakit saat ini sangat beragam jenisnya. Inilah salah satu alasan mengapa memiliki asuransi kesehatan individu sangatlah penting. Sebab dengan adanya perlindungan asuransi, Anda tidak lagi perlu khawatir mengenai biaya berobat.

Di antara sekian banyaknya penyakit, ada dua jenis penyakit yang terlihat serupa sehingga sering dikira sama, yaitu kanker dan tumor. Alasannya karena keduanya memiliki penyebab yang serupa, yaitu sama-sama diakibatkan oleh sel yang abnormal.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara tumor dan kanker, simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan tumor dan kanker

Tumor muncul ketika sel-sel dalam tubuh tidak dapat membelah dan tumbuh secara normal, sebaliknya yakni membelah dan mulai tumbuh secara tidak terkendali. Sel-sel yang berlebih ini mulai bergabung dan membentuk berbagai ukuran benjolan yang berbeda. Benjolan atau pertumbuhan tersebut yang diidentifikasi sebagai tumor, yang bisa berupa massa padat atau mungkin berisi cairan

Secara umum, tumor dapat dibedakan menjadi tiga jenis berbeda, yakni:
  • tumor jinak,
  • tumor prakanker, dan
  • tumor ganas.

Sedangkan kanker adalah tumor ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain dengan cepat dan menyerang sel-sel sehat yang ada di sekitarnya. Ketika menyebar ke bagian tubuh lain, kanker bisa membentuk tumor-tumor baru yang sifatnya juga merusak. Perkembangannya yang cepat dan sangat merusak, sehingga kanker perlu dideteksi sejak dini agar pengobatan bisa segera dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan serta penyebarannya.

Persamaan tumor dan kanker

Walau berbeda, tumor dan kanker ternyata memiliki beberapa persamaan.
  1. Pertama, keduanya sama-sama bisa kambuh di kemudian hari. Misalnya saja pengobatan kanker dan tumor tidak dilakukan dengan tepat (masih ada sel abnormal yang tertinggal), maka tidak menutup kemungkinan keduanya bisa muncul kembali.
  2. Kedua, perlu diingat bahwa keduanya bisa sama-sama berbahaya. Meski kanker memang lebih berbahaya, tapi jangan pernah menganggap remeh tumor jinak. Sebab ketika tumor jinak tidak ditangani secara tepat dapat berkembang menjadi tumor pra kanker. Biasanya diakibatkan perkembangan sel yang semakin tidak terkendali.

Jika Anda merasa ada benjolan atau perubahan yang janggal pada tubuh Anda, jangan melakukan diagnosa sendiri. Segera kunjungi dokter karena hanya dokter yang dapat memastikan apakah Anda mengalami tumor atau bukan. Pertumbuhan tumor juga terkadang tidak dapat diprediksi. Dengan memeriksakan diri ke dokter secara dini, tumor maupun kanker bisa diatasi secepat mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kanker versus Tumor, Kenali Perbedaan dan Persamaannya"

Posting Komentar