Cara Menjaga Stamina Saat Berkendara Jarak Jauh


Saat berkendara jarak jauh ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan seperti kondisi kendaraan serta stamina pengemudi. Terutama apabila pekerjaan kamu mengharuskan melintasi batas kota, misalnya sopir truk. Sebab, jenis kendaraan juga mempengaruhi lama perjalanan, apalagi jika kamu mengendarai kendaraan berat seperti dump truk yang terbaik. Maka, tips berikut ini akan membantu kamu menjaga stamina tubuh saat berkendara jarak jauh.

Tips Menjaga Stamina Saat Berkendara Jarak Jauh

Selama akan melakukan perjalanan jauh, kamu pasti berusaha untuk mempersiapkan segala hal supaya perjalananmu lancar tanpa hambatan. Tips menjaga stamina saat berkendara jarak jauh ini akan berguna dan baik bagi para pengemudi kendaraan berat antar kota khususnya pengemudi dump truk, karena sering membawa beban material berat.

1. Memilih Rute yang Tepat

Memilih rute atau jalur yang akan mempengaruhi seberapa cepat kamu menghabiskan waktu di jalanan. Pemilihan rute ini bisa berupa memilih jalur terdekat dan jalur yang tidak mengalami kemacetan.

Serta perlu mempertimbangkan kondisi jalan misalnya apakah jalanan berlubang, sedang ada perbaikan atau ruas jalan yang sempit atau tidak. Pertimbangan ini akan sangat penting mengingat besarnya kendaraan yang akan kamu kendarai.

Setelah memilih rute, tips menjaga stamina saat berkendara jarak jauh lainnya yakni memperhatikan asupan tubuh supaya tidak mengalami masalah ketika di perjalanan.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Makan makanan yang cukup seperti sarapan atau makan siang sebelum melakukan perjalanan panjang merupakan kewajiban. Penting untuk pengemudi tips menjaga stamina ini saat berkendara jarak jauh.

Jika tubuh ternutrisi dengan baik dengan makanan serta minum, maka tubuh akan senantiasa fit dan tidak lemas meskipun berkendara lama. Kamu juga bisa mengkonsumsi air putih yang cukup karena selain menjaga stamina, ini dapat membuat kamu lebih konsentrasi lagi dalam perjalanan.

Selain tips tersebut, menjaga stamina saat berkendara supaya terhindar dari rasa kantuk pun menjadi penting. Sebab, lamanya perjalanan tidak menutup kemungkinan untuk terjadi hal tersebut.

3. Tidur Sebentar Jika Merasa Mengantuk

Pernahkah kamu merasa mengantuk ketika sedang menyetir? Hal ini merupakan kebiasaan yang wajar. Tetapi rasa kantuk tidak boleh ditahan-tahan, terlebih ketika kamu dijalan.

Kadang dengan berlandaskan ‘tanggung’ beberapa pengemudi nekat menahan kantuk supaya cepat sampai tujuan, namun hal ini akan mengganggu konsentrasi.

Maka, sebaiknya jika rasa mengantuk sudah muncul sempatkan untuk berhenti sejenak di rest area untuk beristirahat dan tidur sejenak, setidaknya satu jam.

Begitu banyak tips lain yang bisa kamu terapkan untuk menjaga stamina saat berkendara jauh. Masing-masing pengemudi jarak jauh memiliki treatmentnya, namun tips ini merupakan tiga hal paling utama yang perlu kamu perhatikan.

Sudah Tahu Tips Menjaga Stamina Saat Berkendara Jauh?

Stamina seseorang akan tetap terjaga dalam kondisi sebaik mungkin selama asupan tubuh terpenuhi dan istirahat yang cukup. Maka, dengan begitu badan akan mengalami recharge energi dan tidak kelelahan. Berkendara jarak jauh pun bisa lancar dan tanpa hambatan, kamu juga tidak akan terlalu lelah karena memiliki energi yang fit dalam tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Menjaga Stamina Saat Berkendara Jarak Jauh"

Posting Komentar