5 Kesalahan Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Harus Dihindari


Proses pengiriman barang ke luar negeri saat ini bisa berjalan semakin efisien dan mudah. Layanan jasa ekspedisi ke luar negeri sudah semakin banyak tersedia dan menawarkan biaya yang bersahabat. Misalnya ketika Anda akan berkirim barang menuju Arab Saudi. Sudah ada banyak jasa ekspedisi yang bisa melayani pengiriman tersebut dan ongkir ke Arab Saudi yang ditawarkan juga sangat bersahabat.

Kesalahan Pengiriman

Ternyata proses pengiriman barang menuju negara lain memang memiliki banyak tantangan. Ada beberapa kesalahan yang seringkali terjadi ketika melakukan pengiriman barang tersebut. Kesalahan tersebut sangat mungkin untuk dilakukan oleh pihak pengirim barang. Berikut adalah 5 kesalahan pengiriman barang yang sebaiknya dihindari:

1. Sembarangan Memilih Jasa Ekspedisi

Kesalahan pertama yang sangat sering terjadi dan berakibat fatal adalah salah memilih jasa ekspedisi. Layanan jasa ekspedisi sekarang ini sudah semakin banyak tersedia. Sebaiknya, pertimbangkan semua aspek dengan cermat saat akan memakai jasa tersebut. Termasuk biaya pengiriman, misalnya saat akan mengirim barang ke Arab Saudi maka tanyakan dulu ongkir ke Arab Saudi dan pikirkan aspek lainnya.

2. Salah Tulis Alamat

Kesalahan lain yang juga begitu sering terjadi adalah salah menuliskan alamat. Hal ini juga bisa berakibat fatal karena menyebabkan barang tidak bisa sampai ke tempat tujuan dengan benar. Sebaiknya periksa kembali apakah alamat yang ditulis sudah benar atau belum. Lakukan dua kali pemeriksaan untuk memastikan bahwa alamat tujuan pengiriman barang sudah benar.

3. Tidak Memberi Label Barang

Banyak sekali pelanggan yang tidak memberikan label barang saat mengirimkannya. Padahal pemberian label ini sangat penting untuk memastikan barang sampai dengan selamat. Pihak jasa ekspedisi juga akan memperlakukan barang dengan benar jika ada label yang tepat. Apalagi untuk jenis barang yang mudah rusak, pemberian label ini jelas sangat penting untuk dilakukan.

4. Tidak Packing dengan Benar

Kesalahan yang juga begitu sering dilakukan oleh pengirim barang adalah tidak melakukan packing dengan benar. Barang tidak dikemas secara aman sehingga menyebabkan kerusakan di perjalanan. Sebaiknya Anda melakukan packing dengan benar dan teliti. Berikan lapisan pengaman ganda untuk memastikan barang terjaga dengan baik sampai ke tempat tujuan.

5. Salah Input Data

Hal berikutnya yang juga sering terjadi dan menyebabkan kesulitan pengiriman barang ke luar negeri adalah kesalahan input data. Pihak jasa ekspedisi biasanya akan meminta pelanggan untuk mengisikan data pengiriman dengan benar. Jika input data tidak teliti dan ternyata salah maka pengiriman tidak akan berjalan lancar.

Itulah 5 kesalahan yang sering terjadi saat akan mengirimkan barang ke luar negeri, termasuk ke Arab Saudi. Sangatlah penting untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih jasa ekspedisi, termasuk bertanya soal ongkir ke Arab Saudi maupun ke negara tujuan lain. Pastikan juga semua proses sudah dilalui dengan teliti dan tidak ada kesalahan apapun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kesalahan Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Harus Dihindari"

Posting Komentar