Keuntungan Penggunaan e-Bupot di Era Pandemi


Zaman digitalisasi seperti sekarang ini semuanya bisa diakses dengan mudah secara online. Termasuk penyelesaian urusan pajak kini dapat dijangkau dengan media elektronik. Contoh paling mudahnya ditunjukkan lewat kehadiran layanan e-bupot dari DJP. Pengurusan bukti potong pajak kini bisa semakin bertambah mudah dan fleksibel dilakukan dimana saja.

Keuntungan Penggunaan

Di era pandemi seperti sekarang, penggunaan layanan bupot elektronik dianggap menjadi sebuah keputusan tepat. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan lewat pemakaian bupot elektronik di tengah pandemi ini. Keuntungan tersebut tidak hanya bisa dinikmati oleh wajib pajak tetapi juga para pekerja pajak. Berikut adalah ragam keuntungan yang bisa dirasakan:

1. Menurunkan Risiko Penularan

Jelas sekali bahwa di era pandemi ini pelayanan berbasis digital atau elektronik memang lebih diutamakan. Berkat adanya layanan bupot elektronik, wajib pajak tak harus datang langsung ke kantor atau KPP. Proses pembuatan bupot dan pelaporan pajak sepenuhnya dapat dilakukan secara online dari rumah masing-masing sesuai dengan anjuran pemerintah di era pandemi.

Seperti diketahui bahwa risiko penularan COVID-19 begitu tinggi. Jika para wajib pajak harus datang ke kantor untuk membuat bupot dan mengantre maka akan muncul kerumunan. Padahal salah satu protokol kesehatan yang harus dipenuhi selama pandemi ini adalah menghindar dari kerumunan. Jadi, bisa dikatakan bahwa layanan bupot elektronik sangatlah efektif dan menguntungkan.

2. Mempermudah Pencatatan Data

Adanya fitur bupot elektronik ini juga akan mempermudah proses pencatatan data. Perekaman data pajak bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena sepenuhnya dilakukan oleh sistem otomatis. Di era pandemi seperti sekarang, fungsi bupot elektronik ini akan sangat membantu para pekerja pajak. Pekerjaan jadi lebih ringan karena pencatatan data bupot lebih mudah.

Dengan adanya sistem yang diterapkan dalam fitur bupot elektronik tersebut, wajib pajak bisa langsung melakukan input data pribadi. Selanjutnya data akan langsung diterima secara otomatis. Rekap data yang dilakukan oleh petugas pajak juga jadi lebih mudah serta efektif.

3. Menghemat Waktu Wajib Pajak

Dengan adanya layanan e-bupot ini para wajib pajak bisa lebih menghemat waktu. Selama pandemi berlangsung, segala jenis kegiatan memang sebaiknya dilakukan dari rumah. Termasuk urusan bekerja dan pengurusan berbagai jenis kebutuhan seperti pelaporan pajak.

Sistem bupot elektronik akan mempermudah wajib pajak untuk melakukan pelaporan secara mudah dan cepat. Bisa dikatakan bahwa layanan ini akan sangat efektif bekerja menghemat waktu para wajib pajak. Dengan begitu semua jadwal kegiatan padat yang harus dijalankan dari rumah bisa terpenuhi secara lancar.

4. Meminimalisir Kesalahan

Kehadiran fasilitas bupot elektronik ini akan membuat kesalahan yang mungkin terjadi saat pelaporan dan pendataan. Sebenarnya kesalahan tersebut merupakan hal yang sangat wajar dalam urusan pelaporan pajak. Jika sistem yang berlaku sepenuhnya digital atau elektronik maka kesalahan tersebut dapat diminimalkan atau dihindari.

Kecuali untuk jenis kesalahan yang terjadi karena wajib pajak melakukan kesalahan input. Jadi bisa dikatakan bahwa sistem ini sangat akurat meskipun wajib pajak tidak bertemu langsung dengan petugas di KPP. Sistem ini bisa memungkinkan data pelaporan dan pembuatan bupot sudah tepat tanpa harus penjelasan secara langsung kepada orang yang berhubungan.

5. Meningkatkan Ketepatan Waktu Pelaporan Pajak

Di tengah pandemi seperti sekarang, mungkin tak mudah untuk terus taat membayar dan melunasi pajak. Selain karena kesibukan kegiatan work from home dan aktivitas lainnya selama pandemi, seseorang bisa saja lupa melaporkan pajak. Bahkan banyak juga yang memilih menunda karena malas untuk mengantre langsung di KPP. Alhasil, akhirnya pelaporan pajak dan pembuatan bupot jadi tidak tepat waktu.

Ketepatan waktu dalam membuat bupot ini akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi wajib pajak. Tentu akan jauh lebih banyak jika ada semakin banyak wajib pajak yang menyerahkan laporan dan membuat bupot tepat pada waktunya. Hal ini tidak hanya menguntungkan wajib pajak melainkan juga petugas pajak.

Itulah tadi 5 keuntungan pemakaian layanan e-bupot di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Fitur ini memang menjadi jawaban bagi para wajib pajak yang butuh sistem pelaporan dan pembuatan bupot dengan mudah. Tak perlu lagi mengantre secara manual dan tinggal klik sana klik sini sampai bupot selesai dibuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Penggunaan e-Bupot di Era Pandemi"

Posting Komentar