Mengenal Purchase Order dan Fungsi yang Dimilikinya

Mengenal-Purchase-Order-dan-Fungsi-yang-Dimilikinya

Dalam sebuah bisnis ada beberapa jenis dokumen penting yang akan terlibat. Salah satunya adalah purchase order atau biasa disebut juga sebagai dokumen PO. PO ini merupakan sebuah dokumen yang didalamnya memuat informasi permintaan stok barang. PO dikirimkan dari pihak pembeli kepada produsen atau supplier dan sangat membantu proses pemesanan berjalan secara efektif.

Fungsi PO

Dokumen ini dibuat bukan tanpa fungsi tertentu. PO memiliki fungsi penting khususnya dalam dunia bisnis. Seperti kita tahu bahwa dalam dunia bisnis akan selalu ada transaksi pembelian antara pelaku bisnis dengan supplier sehingga PO akan sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa jenis fungsi PO yang perlu Anda pahami:

1. Mempermudah Proses Pemesanan

Sesuai dengan namanya, dokumen ini digunakan untuk melakukan pemesanan atau pembelian. Artinya, dokumen ini nantinya akan membuat proses pemesanan barang jadi lebih mudah. Mudah karena supplier atau produsen bisa mendapatkan data yang akurat dari pemesanan yang dilakukan oleh kliennya.

Dalam dunia bisnis, biasanya PO ini digunakan untuk melakukan pembelian dalam kapasitas yang besar. Itulah mengapa jauh lebih mudah bagi supplier atau produsen untuk memenuhi pesanan karena sudah tertulis secara rinci di dokumen PO ini. Bahkan meskipun pembeliannya dalam kapasitas yang besar sekalipun akan jauh lebih mudah untuk dipenuhi.

2. Menurunkan Risiko Penipuan

Adanya PO ini akan menurunkan risiko penipuan. Semua informasi pemesanan sudah tercantum secara jelas dan rinci dalam dokumen PO. Artinya pihak pembeli maupun penjual tidak akan bisa melakukan tindak penipuan karena sudah ada data lengkap secara tertulis. Ini akan menjamin keamanan transaksi atau pembelian di dunia bisnis.

3. Memberikan Keuntungan dari Segi Harga

Fungsi dokumen purchase order selanjutnya adalah untuk memberi keuntungan dari segi harga. Dalam surat permintaan tersebut biasanya sudah tertera harga. Pihak yang mengeluarkan PO ini biasanya akan mencantumkan penawaran harga di sana. Penawaran harga ini bisa saja disetujui atau bisa juga tidak oleh pihak penjual atau supplier yang menerima PO.

Apabila penawaran harganya disetujui maka ini akan menguntungkan pihak pembuat PO atau pihak pembeli. Artinya pengeluaran untuk membeli barang jadi lebih hemat. Jadi memang PO ini akan sangat mempermudah proses penawaran harga sehingga pembeli bisa dapat harga lebih murah.

4. Meningkatkan Keamanan Pembelian

Dokumen PO ini akan membantu meningkatkan keamanan proses pembelian barang. Di dunia bisnis ini Anda harus selalu berhati-hati apalagi saat harus melakukan pembelian atau purchasing. Banyak terjadi kasus penipuan dimana proses pembelian barang tidak dipenuhi namun dana sudah terlanjur dibayarkan.

PO akan membantu menjamin transaksi pembelian berjalan secara aman. Surat pembelian ini akan menjadi bukti tertulis yang mengatur proses transaksi sehingga tidak akan ada tindak kecurangan. Jika ada kecurangan maka proses hukum akan jauh lebih mudah untuk ditempuh karena ada bukti tertulisnya.

5. Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Ternyata PO ini tidak hanya membantu proses pembelian barang berjalan lancar. PO juga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman. Dalam dunia bisnis, sangat mungkin bagi pelaku usaha untuk membutuhkan dana pinjaman. PO bisa menjadi dokumen pendukung yang mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman karena ada bukti kebutuhan dana sesuai transaksi pembelian barang.

Umumnya purchase order ini akan digunakan oleh pebisnis untuk mendapatkan pinjaman dari fintech. Biasanya bentuk pinjaman yang digunakan adalah peer to peer lending. Sistem pinjaman ini tidak hanya menguntungkan bagi debitur tapi juga kreditur karena bisa menggunakannya sebagai salah satu instrumen investasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Purchase Order dan Fungsi yang Dimilikinya"

Posting Komentar